Kisah Nabi yang Bisa Menahan Tenggelamnya Matahari di ufuk Barat.

Share Button

Sebuah Kisah Edukasi Islam tentang Nabiallah yang mampu menahan Terbenamnya Matahariedukasi ringan & info duljepret.com :: Kisah Islami ini saya tuliskan sebagai wahana edukasi online ringan yang bermuatan agama Islam, untuk bahan bacaan dan renungan agar kita bisa mengambil hikmah dari kejadian dan bukti ke-Esaan Allah SWT (bersumber dari sebuah majalah Islam berbahasa Inggris terbitan tahun 1984 yang masih saya simpan).

Kisahnya berawal dari saat Nabi Yusya bin Nun memimpin Bani Israil menyusuri padang pasir, kemudian menyeberangi sungai Yordania hingga akhirnya tiba di kota Yeriko. Kota Yeriko ini sendiri adalah sebuah kota yang memiliki pintu-pintu gerbang yang sangat kuat serta benteng besar dan tebal untuk melindungi bangunan-bangunan yang ada didalamnya yang dibuat tinggi-tinggi, tempat dimana masyarakat Yeriko yang sangat padat tinggal.

Sebelum Nabi Yusya bin Nun memasuki kota Yeriko bersama kaumnya, Nabi Yusya bin Nun dan kaumnya sempat mengepung Kota Yeriko hingga 6 bulan lamanya, hingga selanjutnya memutuskan untuk menyerbu dan menaklukan Kota Yeriko dengan menghancurkan dan menjebol tembok benteng yang begitu tebal.

Peperangan yang antara kaum Nabi Yusya’ bin Nun dan pasukan dari Kota Yeriko saat itu terjadi pada hari Jum’at, dimana saat itu matahari sudah akan tenggelam, dan bila matahari sudah tenggelam maka berarti peperangan harus dihentikan dan menurut syariat yang dipercayai kala itu, hari Sabtu tidak diperbolehkan untuk berperang.  Karena itu pulalah kemudian Nabi Yusya’ bin Nun berdoa :

“Wahai Matahari, sesungguhnya engkau hanya mengikuti perintah Allah SWT, demikian pula aku. Aku bersujud mengikuti perintahNya. Ya Allah, tahanlah matahari itu untukku agar tidak terbenam terlebih dahulu.”

Maka dengan ijin Allah, Matahari tidak terbenam terlebih dahulu hingga kota Yeriko benar-benar bisa dikuasai dan di taklukan kaum Nabi Yusya’ bin Nun.

Ajaib, tetapi semuanya kembali menunjukan ke-Esaan Allah SWT, agar kita semua sebagai makhluk ciptaannya selalu berdzikir dan beribadah kepadaNya.

Diterangkan dalam sebuah Hadist yang Shahih : Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda : “Sesungguhnya matahari itu tidak pernah tertahan untuk terbenam hanya karena seorang manusia yang bernama Yusya’ yaitu pada malam-malam dia berjalan ke Baitul Maqdis untuk berjihad.”

Mudah-mudahan sedikit kisah Islami ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan anda, syukur-syukur dapat menambah keimanan kita semua kepada Allah Azzawajalla.

Share Button

Keterangan tambahan :

Berminat untuk memesan produk diatas ? silahkan isi formulir dibawah ini, untuk menghitung ongkos kirim ke lokasi rumah/ kantor Anda. Tanpa ada tujuan pengiriman, duljepret.com tidak bisa bertransaksi dengan anda. Jadi bila Anda memang berminat dengan produk diatas, silahkan isi formulir dibawah ini dengan lengkap dan benar. Duljepret.com akan merespon dengan mengirimkan konfirmasi ongkos kirim kepada anda baik via SMS maupun Email.